Cerpen

Tamu Paling (Tak) Ditunggu

Sunyi, hanya terdengar helaan nafas yang memburu, Mama mertuaku yang terus menangis tanpa suara, suamiku yang diam tetapi muka merah padam menahan amarah dan aku yang hanya bisa diam tanpa tahu harus memulai apa dan bagaimana.

Kedatangan tamu tak diundang namun pernah sangat diharapkan, seakan memecah gemuruh keluarga kami. Kesunyian dan kekebasan keluarga suamiku terusik, luka yang mereka pendam teramat sangat lama tertoreh kembali. Membuka muka mataku sebagai ‘pendatang’ bahkan belahan jiwaku sendiri betapa sakit masa lalunya. Aku berjalan mengampiri suamiku, aku mungkin belum bisa merasakan apa yang sesak di dalam dadanya paling tidak aku masih akan terus bersamanya. Kupeluk Ayah dari anakku, tanpa mengucap kata kami menangis.

Sebulan sebelumnya…

Your son is very cute, how old is he?” sapa seorang pria setengah baya di Bandara Changi, Singapura. Hari itu hari kepulangan kami setelah seminggu liburan di Negeri Singa dan Malaysia.

Twenty months”, jawabku

Dan kamipun berkenalan, pria Turki yang pernah tinggal di Indonesia dan kembali setelah 30 tahun pulang ke negerinya. Kami akan berada di penerbangan yang sama ke Jakarta. Rahad, namanya.

“Anak kamu reminds me of someone, sangat mirip,” Rahad mencoba Bahasa Indonesianya yang sudah lama tak diucapkannya.

The last time bertemu adalah sama dengan anak kamu, and I don’t know they are so look like,” bergulirlah cerita tujuannya ke Jakarta. Dia ingin menemui seseorang yang sudah lama ditinggalkannya, meluruskan apa yang belum diselesaikan. Ketika bercerita raut muka Rahad penuh dengan rasa penyesalan dan pengharapan. Kedatangannya ke Jakarta bisa jadi sudah tidak diharapkan dan dengan risiko diusir.

bersambung…

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s