Cerpen

Titik dalam Koma – 7

Rinai memandang wajah Pras, ada air mata di ujung mata yang tertutup.

“Nai, teruskan. Ceritakan kisah kalian, mungkin kenangan terdalam kalian,” Ibu tersenyum menguatkan.

Rinai mendekatkan bibirnya ke telinga Pras, “Bang, masih ingat ga dengan sungai di tengah gunung? Kita pernah menelusurinya, sungai yang jernih dan indah di tengah lautan sumur belerang. Kemudian kita menemukan sebuah bangunan di tengah kawah, sebuah bangunan kokoh yang tak akan disangka ada di sana. Kita membahas bagaimana cara orang-orang yang membangunnya, membawa material bangunan ke dalam kawah yang jauh dari peradaban. Betapa orang yang sudah punya tekad pasti akan menemukan jalan. Kita membahasnya sambil makan pisang dan kacang, pisang paling enak sepanjang hidup, katamu.”

Rinai menarik nafas dalam-dalam.

“Kemudian kita berjalan menelusuri perdu dan ilalang yang tingginya setara dengan kita, dengan awan tepat di kepala kita. Sesekali kita bertemu penduduk lokal yang entah akan ke mana, mereka menyapa ramah kita. Aku senang sekali saat itu, hingga terkadang aku berjalan sambil meloncat-loncat kecil. Kamu tertawa di belakang langkahku.”

Rinai mengambil jeda.

“Lalu Bang Pras memilih sebuah tempat dekat danau untuk kita beristirahat dan memasak. Di tengah kawah yang hening, kita memasak tom yam. Lucu sekali kita ini, menghabiskan berjam-jam perjalanan hanya untuk memasak di tengah kawah. Tak ada suara kecuali kita, bahkan burung juga tak ada yang bernyanyi. Syahdu nan menenangkan, fields of gold.”

Rinai berdiri dari kursinya,  ia mendekatkan kepalanya ke dada Pras. Jantung itu masih berdegup tenang, Rinai ingin Pras merasakan langsung pada hatinya. Tak dihiraukannya ketika seseorang masuk  bergabung dengan mereka.

“Bang, ini Rindu,” tiba-tiba senyap. Semua orang di dalam ruangan berhenti bernafas, hingga mungkin jantungpun berhenti berdetak karena terkejut.

bersambung …

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s