Cerpen

Titik dalam Koma – 8

“Katanya dua hari lalu Bang Pras memanggilku dan sekarang aku sudah datang. Rindu, masih saja Bang Pras menggunakan nama itu. Dulu, Bang Pras suka sekali memanggilku dengan Rindu. Katanya aku mudah sekali dirindukan oleh semua orang, gombal banget!”

Rinai berhenti sejenak.

“Bang Pras harus bangun untuk meneruskan mimpi Bang Pras, tinggal di tengah hutan dengan keluarga Bang Pras. Tinggal di rumah kayu dan memelihara Kuda Nil, ada-ada saja mimpi itu Bang. Berkeliling Indonesia dengan jalur darat selama tiga bulan juga naik kereta dari Vietnam sampai Rusia.”

“Bang Pras harus bangun untuk melanjutkan mimpi-mimpi itu. Mimpi kita.”

Rinai sudah tak sanggup menahan sesak, ia tumpah. Rinai luruh melemas, ia memeluk Pras.

“Bang Pras, Rindu ingin Bang Pras bangun. Rindu sangat menyayangi Bang Pras.”

Sebuah tangan menyentuh bahu Rinai, ia mendongak. Kya ada di sana, dengan air mata berurai namun disertai sebuah senyum. Kya mengangguk, menguatkan sentuhannya, “Teruskan, buat dia bangun.”

Senyum itu membuat perut Rinai seolah-olah dimasuki kupu-kupu berjumlah ribuan, Kya mundur satu langkah. Rinai kembali melihat wajah Pas, wajah itu tetap tak ada reaksi tambahan. Sisa air mata yang sempat keluar sudah mengering.

“Bang Pras, kita akan mengajari anak-anak kita menunggang kuda dan memanah. Kita akan mengajak mereka naik gunung sedari mereka kecil, kita akan mengajari mereka menjadi anak-anak yang tangguh namun beriman. Iya kan Bang? Aku akan menjadi guru mereka, kita akan menjadi sekolah mereka.”

Rinai sesenggukan, ia tak mampu meneruskan kalimatnya. Ia terlalu lemas, ia tersimpuh di samping ranjang dengan tangan masih berusaha memeluk Pras. Terlalu banyak kenangan yang ia simpan selama ini membanjir keluar, hal-hal yang ingin ia lupakan ternyata tak pernah sekalipun pergi dari ingatannya. Air mata dan kesedihan kembali menyeruak.

Sebuah tangan memegang kepala Rinai, memeluknya erat. Rinai mendengar Kya melangkah dan Ibu berhenti mengaji.

bersambung … 

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s