Tentang

Ini Cara Saya

Ada tujuh miliar manusia di bumi, ada yang jatuh cinta, ada pula yang patah hati. Ada yang hidup bersama yang dicinta, ada yang bersama dengan yang tak dinyana. Ada yang bersama untuk saling menyakiti, ada yang bersama untuk saling melindungi. Semua sudah suratan.

Bicara tentang cinta takkan pernah ada habisnya. Topik ini yang paling banyak menjadi inspirasi saya dalam menulis. Tak terkecuali tulisan imajinasi saya yang akan segera dipublikasikan. Ini akan menjadi buku antologi saya yang ketiga dan keempat. Tahun 2017 sungguh tahun penuh berkah dan tantangan. Saya seperti menemukan dunia saya dalam lingkungan yang tepat. Ada dua buku antologi sedang dalam proses editing dan satu dalam penyusunan. Semuanya berkolaborasi dengan penulis-penulis handal, Alhamdulillah.

Bulan Februari lalu diajak seorang komikus kece yang terkenal lewat komik Real Masjid @Tonytrax_ untuk membuat proyek seru-seruan, dalam waktu dua bulan penyusunan selesai. Sekarang dalam editing dan finishing.

Seusai proyek dengan Mas Tony, Brili Agung melemparkan ide ke forum alumni BBC (Bikin Buku Club) untuk membuat proyek antologi. Kebetulan ada cerpen saya yang masuk dalam tema, dengan beberapa editing akhirnya saya mengirimkan tulisan tersebut. Prosesnya cukup membuat deg-degan karena saya tahu alumni BBC berisi penulis-penulis yang karyanya sudah terbit baik Major Publishing ataupun Self-Publishing.

Sampai tenggat waktu yang ditentukan, diumumkan bahwa ada 168 cerpen yang masuk. Dua minggu kemudian, lima puluh karya terbaik diumumkan untuk maju ke “final” untuk dinilai oleh editor-editor ternama. Alhamdulillah, cerpen saya masuk dalam daftar.

Hingga akhir April lalu, 25 tulisan terbaik diumumkan. Siapa yang tak girang, cerpen saya masuk dalam daftarnya  Proses editing awal sudah selesai, sekarang sedang dalam masa editing lanjut dan finishing. Antologi kali ini tentu terasa berbeda, jika dua buku sebelumnya saya mendapatkan hasilnya di awal karena berupa hadiah, kali ini sistemnya royalti dan saya ikut langsung dalam proses pembuatan hingga jadi.

Di tengah masa editing, iseng saya bergabung dalam #30DWC atau 30 Days Writing Challege, 30 hari menulis tanpa henti. Tidak ada kendala yang berarti mengikuti tantangan ini #shombong. 30 hari sukses menulis tanpa jeda, baru dua hari lalu tantangan ini selesai.

Proyek ketiga adalah inisiasi saya yang merasa kagok “tidak ada kerjaan”. Berbulan-bulan selalu ada kegiatan “after office”, setelah selesai proyek saya merasa ada yang hilang. Akhirnya saya mengajak seorang teman untuk berkolaborasi, kali ini konsepnya cukup berbeda. Dan tentu saja seru karena saya bermodal nekat untuk memulainya. Will see

Tahun 2015-2016 saya tidak banyak menulis serius paling sekedar nge-blog ringan, mengingat dua buku antologi sebelumnya keluar tahun 2014-2015 awal. Tetapi tahun tersebut menjadi tahun inspirasi saya, banyak tulisan-tulisan saya sekarang adalah bentuk imajinasi peristiwa-peristiwa yang terjadi di dua tahun itu. Tentu saya berterima kasih kepada semua pihak yang masuk dalam lingkupnya. Kepada orang-orang yang membuat saya tertawa, pada mereka yang mengajarkan arti kata bangkit juga pada mereka yang menyakiti hingga titik terlembab. Tulisan-tulisan saya adalah bentuk apresiasi sekaligus pembalasan. Sorry (not to sorry) may be this is my way to take revenge, inilah cara saya membalas dendam.

Saya menghidupkan mereka kembali dalam bentuk tokoh, saya mengabadikan mereka dalam imajinasi siapapun yang membacanya. Mereka mungkin bisa lari, tapi mereka takkan bisa bersembunyi. Bukankah menyenangkan gambaran diri ada dalam buku yang terpajang dan dibaca banyak orang? #Ooops

Menulis sungguh menyenangkan.

Sallam,

Nyonya Badak

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s