Prosa

Bagaimana Jika

Entah sejak kapan pertanyaan dengan awalan “Bagaimana jika” aku buang dari kamus kehidupan. Bentuk pertanyaan yang hanya menimbulkan banyak pertanyaan lain, mengira-ira masa depan yang sudah jelas ditentukan dan banyak memunculkan aneka prasangka.

Bagaimana jika kita tahu seperti apa kita meninggal? Berapa manusia yang masih akan bertahan melakukan hal baik ataupun sebaliknya.

Bagaimana jika akhirnya aku atau kamu pergi? Mengapa harus dipikirkan, karena dengan berjalannya waktu kita akan tahu jawaban siapa yang akan bertahan dan siapa yang melangkah meninggalkan kita.

Bagaimana jika tulisan indah yang sedang kamu baca, yang kamu kira untuk orang lain ternyata untuk kamu? Hati pasti bicara untuk siapa nada irama berkata, untuk apa mempertanyakan.

Bagaimana jika ia tak menepati janji? Pengucapan janji tidak hanya terucap oleh mulut juga disertai hati yang berniat. Allah yang membolak-balikan hati, percayakan saja pada-Nya. Kita tahu dia percaya Allah, kenapa tak juga percayakan janjinya.

Bagaimana jika catatan gelap masa lalu yang kita sembuyikan ternyata diketahui orang yang kita cintai? Bukankan cinta seharusnya menerima kita apa adanya, asalkan kita berjanji menjadi lebih baik dan membuktikannya, cinta pasti akan bertahan. Kata mereka cinta juga tentang saling percaya.

Bagaimana jika ternyata kita berjodoh? Pertanyaan yang terucap dari orang yang paling diinginkan menjadi bagian dalam hidup. Namun malah membangunkan kenyataan, berlanjut pada realita pahit yang harus dilalui dan tak memberi pilihan.

Bagaimana jika memang layak untuk kita buang dalam arus pikiran kita. Pasrah, hal yang bisa lebih menguatkan daripada berandai-andai tanpa kesudahan. Semeleh.

Demikian.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s