Prosa

Hujan, Rintikan Harapan

Tahukah kamu apa yang sedang kulakukan? Duduk di tengah pintu masuk rumah memandang hujan. Langitnya yang mengabu, rintiknya yang merdu dan sedikit alunan guntur. Sesekali angin membawanya menyentuhku. Indah sekali.

Aku ingat ketika kita bercanda di bawah hujan, memainkan genangan seperti anak kecil, tertawa terbahak-bahak tidak peduli pada orang-orang yang memandang aneh. Saat ini waktu yang sempurna jika kita bermain dengan hujan lagi.

Ada setitik harap, di ujung jalan itu tiba-tiba muncul benda hitam bergerak menuju pintu ini. Mobilmu. Hahaha aku menertawakan diriku sendiri, sesuatu yang lebih mustahil daripada kelinci menang lomba lari dengan kancil.
Hujan memang tak tentu datangnya, meski mendung ia bisa tak jadi turun, meski terang benderang bisa jadi datang mengguyur. Tapi ia pasti datang.
Hujan seakan tak peduli pada manusia. Aku yakin di luar sana banyak yang sedang mengutuk hujan karena membuat mereka harus menunda perjalanan, atau membuat mereka basah, atau membuat jemuran tak kering. Mungkin ada juga yang senang dan memandang hujan seperti aku. Hujan tak peduli. Tapi ia pasti datang.
Hujan tak sepanjang tahun datang. Ia datang pada musimnya dan menghilang saat kemarau tiba. Kadang datang ketika tak diharapkan, tak jarang tak muncul ketika ditunggu. Tapi ia pasti datang.
Tak satu atau dua kali hujan membuatku basah kemudian sakit, tak jarang ia menghalangi perjalananku, sering membuat repot. Namun, aku masih mencintai hujan. 

Seandainya aku mampu menerimamu seperti aku mencintai hujan. Apa adanya.

Sekian.

Standard

One thought on “Hujan, Rintikan Harapan

Leave a Reply

